Jumat, 23 November 2012

Kesehatan Masyarakat

Secara umum kesehatan masyarakat dikelompomkkan menjadi dua bagian, yakni kesehatan individu dan kesehatan agregat. ilmu yang mempelajari kesehatan individu adalah ilmu kedokteran ( medicine )
sedangkan ilmu yang mempelajari masalah kesehatan agregat adalah ilmu kesehatan masyarakat ( publc healt).
    Adapun  perbedaan antara kedua disiplin ilmu kesehatan ini antara lain sebagai berikut :

1. objek atau sasaran ilmu kedokteran adalah individu. sedangkan sasaran ilmu kesehatan masyarakat adalah masyarakat
2. kedokteran lebih memfokuskan pelayanan pada kuratif dan rehabilitatif,sedangkan kesehatan masyarakat lebih memfokuskan pada aspek preventif dan promotof.
3. keberhasilan kedokteran apabila individu sembuh dari penyakit dan pulih kesehatannya,sedangkan keberhasilan kesehatan masyarakat adalah apabila kesejahteraan masyarakat meningkat
3. indikator kesehatan individu/kedokteran adalah bebas dari penyakit,tidak sakit,tidak cacat dan produktif,sedangkan indikator kesehatan masyarakat antara lain angka kematian,karna melahirkan,mortalitas/ angka kematian penduduk,morbiditas/angka kesakitan penduduk.
   Dari pengalaman pengalaman praktikkesehatan masyarakat yang telah berjalan sampai abad ke-20,winslow (1920 ) seorang ahli kesehatan masyarakat membuat batasan yang sampai sekarang masi relevan,yaitu : kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni mencegah penyakit,memperpanjang hidup dan meningkatkan kesehatan melalui usaha usaha pengorganisasian masyarakat untuk
1. perbaikan sanitasi lingkungan
2. pembersihan penyakit penyakit menular
3. pendidikan untuk kebersihan perorangan ( persoanal hygiene )
4. pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan untuk diagnosis dini serta pengobatan dan 
5. pengenbangan rekayasa sosial untuk menjamin agar setiap orang agar setiap orang terpenuhi kebutuhan  hidupnya yang layak dalam memelihara kesehatannya.

oke teman teman ga usah terlalu serius mebaca artikel ini masi banyak ko next artikel yang saya akan berikan untuk kalian,thanks...  :)


1 komentar:

  1. Apa seorang praktisi kesehatan masyarakat bisa buka praktek dengan menerima secara individu?

    BalasHapus