Jumat, 23 November 2012

SEJARAH KESEHATAN MASYARAKAT

Oke teman teman lanjut lagi ya selama ini yang kita pelari hanyalah ilmu kesehatan masyarakat itu sendiri tanpa mengetahui siapa sih tokoh tokoh dalam ilmu kesehatan masyarakat itu sendiri???
pasti kalian semua bertanya tanya didalam benak kalian hehe.. ga usah dipikirin karna hari ini saya akan berbagi pengetahuan yang jelasnya masih tentang ilmu kesehatan masyarakat. 

Dalam ilmu kesehatan masyarakat tidak terlepas dari 2 tokoh yakni, Asclepius dan Higela, yang kemudian muncul dua aliran atau pendekatan dalam menangani masalah-masalah kesehatan. Pertama aliran kuratif dari kelompok Aclepius dan aliran preventiv dari golongan Higela, dua aliran tersebut saling berbeda dalam pengaplikasiannya pada kehidupan masyarakat. Aliran kuratif bersifat rektif yang sasarannya per-individu, pelaksanaanya jarak jauh dan kontak langsung dengan sasaran cukup sekali,kelompok ini pada umumnya terdiri dari dokter, dokter gig, psikiater, dan praktisi-praktisi lain yang melakukan pengobatan baik fisik, psikis, mental maupun sosial. Sedangkan aliran prevevtiv lebih bersifat proaktif atau kemitraan yang sasarannya masyarakat luas, Para petugas kesehatan masyarakat lulusan sekolah atau institusi masyarakat bebagai jenjang masuk dalam kelompok ini.
gmna teman udah paham siapa aja tokoh tokoh dalam ilmu kesehatan masyarakat,??
ga cukup itu donk ya...ok kita lanjut


PERIODE PERKEMBANGAN KESEHATAN MASYARAKAT
 
Perkembangan ilmu kesehatan masyarakat dikelompokkan dalam 2 periode:

I. Periode sebelum ilmu pengetahuan
   Pada periode ini masyarakat belum terlalu memahami arti pentingnya kesehatan dalam          kehidupannya  dalam sehari-hari, ini ditandai dengan adanya peraturan tertulis yang          mengatur pembuangan limbah kotoran yang tujuan awalnya tidak untuk kesehatan tetapi         karena limbah menimbulkan bau tidak sedap. Namun lama-lama mereka makin menyadari           pentingnya kesehatan masyarakat setelah timbulnya berbagai macam penyakit menular           menyerang sebagian penduduk dan menjadi epidemi bahkan telah menjadi endemi. Contohnya      kolera namun upaya pemecahan masalah secara menyeluruh belum dilakukan.
II. Periode ilmu pengetahuan
    Periode ini masalah penyakit merupakan masalah yang komplek, sehingga jika pada periode     sebelum ilmu pengetahuan belum ditemukan pemecahan masalah, pada periode ini mulai         ditemukann penyebab-penyebab penyakit dan vaksin sebagai pencegah, ini dibuktikan Lous      Pasteur menemukan vaksin pencegah cacar. Josep Lister menemukan asam karbol untuk         sterilisasi ruang operasi dan William Marton menemukan ether sebagai anestesi pada         waktu operasi. Penyelidikan dan upaya-upaya kesehatan masyarakat secara ilmiah pun         mulai digalakkan. Ini dibukatikan dengan telah dikembangkannya pendidikan tenaga         kesehatan profesional oleh seorang pedagang wiski dari baltimor Amerika dengan         berdirinya universitas serta pemerintah Amerika membentuk departemen kesehatan untuk        menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi penduduk, juga perbaikan dan pengawasan     sanitasi lingkungan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar